SUMPAH PEMUDA,SUMPAH SAKTI TANAH AIR KITA

Sabtu, 23 Oktober 2010

Makna,Curahan Pendapat,dan Aktualisasi Sumpah Pemuda

Sumpah bukanlah rentetan huruf yang mudah disusun dan mudah diucapkan oleh siapapun.

Namun secara religi,sumpah merupakan janji yang harus bisa diaktualisasikan.Sebab,siapapun yang telah bersumpah dan tidak bisa mewujudkannya merupakan pembohongan besar dan hukumnya dosa.
Delapan puluh dua tahun sudah sumpah itu telah diikrarkan oleh pemuda-pemudi bangsa tercinta ini,tepatnya tanggal 28 Oktober 1928.
Saat itu,cengkraman kuku penjajah masih kuat bercokol di bumi Nusantara.Rasa sakit akibat cengkaraman kuku itu,telah menyadarkan dan membangktikan rasa percaya diri dalam hati dan dada pemuda-pemudi Indonesia,untuk bangkit dan menyatu melepaskan kuku-kuku-tajam itu.
Tanpa merasa beda suku,beda agama,beda daerah,adar istiadat dan gender,mereka bangkit menyatu.
Dibawah naungan Merah Putih serta diiringi lantunan lagu "Indonesia Raya",diucapkanlah sumpah sakti "Sumpah Pemuda".
Para pemuda telah bertekad,menyatu,manunggal,melepaskan tajamnya kuku penjajahan menuju Satu Nusa,Satu Bangsa dan Satu Bahasa,Indonesia merdeka,berdaulat,adil dan makmur.
Kini kita telah 65 tahun hidup dalam era kemerdekaan,dan telah mendapat warisan tiga jimat oleh para pendahulu kita.
Tiga jimat itu yakni :
1. Nusa,Bangsa,dan Bahasa Indonesia
2. Pancasila
3. UUD 1945
Tiga jimat itulah yang harus kita jaga kelestariannya.Untuk menjaganya kita harus bersatu,menyatu,dan manunggal,dalam kata dan perbuatan.Siapapun,dalam bentuk apapun,darimanapun asalnya yang sengaja merusak,mengganti,apalagi menghilangkan jimat itu,harus kita kita lawan sampai titik darah penghabisan.
Hai generasi muda bangsa Indonesia!
Lihatlah tantangan didepanmu.Berderet setan-setan yang akan menggodamu:Internet,Facebook,free sex,narkoba,miras dan banyak lagi bentuknya..
Waspadalah,kalian harus bisa memilih dan memilah dalam menerimanya.Jangan sampai setan-setan itu merasuk dalam tubuhmu.Bilakah itu terjadi tubuhmu akan luluh lantak,hancurlah generasi muda kita.
Bentengilah tubuhmu dengan ilmu pengetahuan,iman dan taqwa serta ilmu pengetahuan teknologi yang sangat berguna bagi rakyat dan bangsamu.
Sadarlah,banyak kritik dari masyarakat terhadapmu,menganggap bahwa generasi kita telah amoral.
Jawablah tantangan itu dengan segala kemampuanmu dalam kata dan perbuatan dimanapun kamu berada:lingkungan pelajar,mahasiswa maupun organisasi pemuda.
Bangunlah jiwamu,bangunlah badanmu untuk Indonesia Merdeka!

                                                                                                                            Cilacap,24 Oktober 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar